PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS IPS SMA TERPADU RIYADLUL ULUM

FAUZIAH, ULFA (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS IPS SMA TERPADU RIYADLUL ULUM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover Skripsi Ready Print setelah revisi akhir.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4. Abstrak Indo Print kuy setelah revisi akhir.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar Skripsi Print Kuy Banget setelah revisi akhir.pdf

Download (271kB)
[img] Text
6. Daftar Isi Skripsi Ready setelah revisi akhir.pdf

Download (86kB)
[img] Text
10. BAB 1 Ready Banget setelah revisi akhir.pdf

Download (283kB)
[img] Text
11. BAB 2 Ready Banget setelah revisi akhir.pdf

Download (245kB)
[img] Text
12. BAB 3 Ready Banget setelah revisi akhir.pdf

Download (597kB)
[img] Text
13. Bab 4 Ready Banget.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
14. BAB 5 Ready Banget.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka Skripsi Ready.pdf

Download (114kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang rendah, yang dilihat dari KKM rata rata ke bawah . Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah dan keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket. Populasi yang diambil sebanyak 316 siswa IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tasikmalaya. Teknik yang digunakan dalam penentuan jumlah sampel yaitu teknik probability sampling, dengan taraf signifikansi 5 % menjadi 176 siswa IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji prasyarat analisis dimana didalamnya terdapat uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Kemudian setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier berganda, uji F (Simultan), uji determinasi dan kemudian uji t. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukan dengan nilai sig 0,002 kurang dari 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukan dengan nilai sig 0,012 kurang dari 0,05. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah, keterampilan mengajar guru secara bersama- sama terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukan dengan nilai Sig F 0,007 kurang dari 0,05 dan nilai R sebesar 0,056. Ini berarti 5,6 % minat belajar siswa mata pelajaran ekonomi dijelaskan oleh lingkungan sekolah dan keterampilan mengajar guru. Sedangkan 94,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Keterampilan Mengajar Guru, Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:19
Last Modified: 03 Sep 2019 01:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item