PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRIGONOMETRI

Aji, Widy Purnomo (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK WIDY PURNOMO AJI. 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRIGONOMETRI. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran matematika berbantuan Macromedia Flash 8 pada materi Trigonometri. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar penilaian kualitas teknis, lembar penilaian kualitas isi dan tujuan, dan lembar penilaian kualitas instruksional. Sumber data penelitain ini berasal dari dua ahli media, dua ahli materi, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 6 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian kualitas teknis oleh dua ahli media mendapat skor rata-rata presentasenya 89% dan masuk pada kategori sangat layak, hasil penilaian kualitas isi dan tujuan oleh dua ahli materi mendapat skor rata-rata presentasenya 86% dan masuk pada kategori sangat layak, dan hasil penilaian kualitas instruksional pada uji coba tahap I mendapat skor rata-rata presentasenya 88% dan masuk pada kategori sangat layak, dan pada uji coba tahap II mendapat skor rata-rata presentasenya 90% dan masuk pada kategori sangat layak. Pada penilaian efektivitas dilihat dari hasil belajar peserta didik, terdapat 2 dari 8 peserta didik tidak tuntas, sementara 6 peserta didik telah tuntas. Sehingga media pembelajaran dikatakan efektif. Dengan demikian, media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash 8 dapat dikatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk digunakan pada proses pembelajaran trigonometri rumus penjumlahan dan pengurangan sinus cosinus. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, Macromedia Flash 8, Trigonometri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:48
Last Modified: 29 Jun 2022 07:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item