Hidayatulloh, Syarip (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas VIII MTs NU Al-Hamidiyah Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. ABSTRAK fik.pdf Download (186kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (301kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
|
Text
7. BAB I SUDAH.pdf Download (314kB) |
|
Text
8. BAB II SUDAH.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. BAB III SUDAH.pdf Download (415kB) |
|
Text
10. BAB IV FIKS 22.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11.BAB V Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (184kB) |
Abstract
Kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII. Faktanya di MTs NU Al-Hamidiyah, masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu dapatkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs NU Al-Hamidiyah Tahun Ajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs NU Al-Hamidiyah Tahun Ajaran 2018/2019 ?. Agar dapat mencapai tujuan di atas penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya dengan melihat hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi. Pada siklus kesatu mengidentifikasi informasi teks eksplanasi siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 orang (56,6%), siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 13 orang (43,3%). Pada Siklus kedua mengidentifikasi informasi teks eksplanasi, semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Siklus kesatu meringkas isi teks eksplanasi siswa yang sudah mencapai KKM 16 orang (53,3%), siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (46,6%). Pada siklus kedua meringkas isi teks eksplanasi, semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Hal ini menunjukan bahwa model Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs NU Al-Hamidiyah Tahun Ajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:59 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |