NURSAFITRI, EKA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP PENDUDUKAN JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (221kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text
03. KATA PENGANTARpdf.pdf Download (199kB) |
|
Text
04. DAFTAR ISI.pdf Download (114kB) |
|
Text
05. BAB 1.pdf Download (226kB) |
|
Text
06. BAB 2.pdf Download (281kB) |
|
Text
07. BAB 3.pdf Download (724kB) |
|
Text
08. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
|
Text
09. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK EKA NURSAFITRI. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Respon Bangsa Indonesia terhadap Pendudukan Jepang terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwingi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Experimental Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya yang terbagi menjadi 7 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa, sampel diambil dengan teknik sampling purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan soal pilihan ganda sebanyak 19 butir dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan N-Gain. Pengelolaan data dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan hasil belajar di kelas eksperimen (XI MIPA 4) yaitu perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction yaitu 41,9, sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction yaitu 84,4. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whitney pada hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol menunjukan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complex Instruction, Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 15:36 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 15:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5033 |
Actions (login required)
View Item |