THE CHALLENGES OF LEARNING LISTENING IN EFL CLASSROOM IN INDONESIA: JUNIOR HIGH SCHOOL PERCEPTION

AL-FATA, IMAM (2024) THE CHALLENGES OF LEARNING LISTENING IN EFL CLASSROOM IN INDONESIA: JUNIOR HIGH SCHOOL PERCEPTION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (289kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada kemampuan mendengarkan karena kemampuan mendengarkan juga merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki, termasuk dalam berkomunikasi dan mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh siswa dimana mereka harus mengikuti pembelajaran online selama 2 tahun terakhir karena Covid-19 sehingga dapat menjadi permasalahan yang peneliti temukan untuk penelitian ini. “Salah satu alasan utama yang mendukung pentingnya menyimak dalam mempelajari bahasa asing adalah bahwa seorang pembelajar bahasa asing harus belajar menyimak pada tahap awal pembelajaran dengan cara yang sama seperti seorang anak belajar bahasa ibunya” (Buck, 2001). Setelah peneliti menyebarkan kuesioner yang diisi oleh seluruh siswa kelas 9 yang berisi 3 faktor, yaitu 1) listener, 2) passage, dan 3) physical setting untuk mengetahui kesulitan kesulitan dalam tes menyimak, maka diperoleh hasil dan fakta bahwa masih banyak kesulitan yang dirasakan oleh para siswa ketika melakukan tes menyimak dan kesulitan yang paling banyak mereka temui menurut persepsi mereka setelah dihitung dan dilihat berdasarkan jumlah persentase dari item pertanyaan yang dipilih, yaitu pada faktor “physical setting” yang jika dipresentasekan sebanyak 46,3% siswa memilih, dimana pertanyaannya adalah “Saya merasa kesulitan jika pembicara berbicara dengan sangat cepat”. Kata Kunci: Tantangan, Listening, Persepsi siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:26
Last Modified: 14 Feb 2025 06:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item