FADILAH, WIDYA NURUL (2024) PENGARUH MODEL READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
05. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
06. ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
08. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi serta peserta didik kesulitan dalam memahami konsep gelombang bunyi. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) yang diintegrasikan dengan kegiatan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) terintegrasi praktikum terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju 4 kelas dengan jumlah sebanyak 128 peserta didik. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI Fisika 3 sebagai kelas eksperimen dan XI Fisika 1 sebagai kelas kontrol. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik diukur menggunakan soal uraian pada materi gelombang bunyi yang diberikan sebelum pemberian perlakuan (pretest) dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan melibatkan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dan perhitungan N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 08:21 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 08:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |