PREFERENSI KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBELIAN BAWANG MERAH (Allium ascolonicum L) DI PASAR CIKURUBUK KOTA TASIKMALAYA

KUSUMAH, FEBYL SEIIFHUDAN DJATI (2024) PREFERENSI KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBELIAN BAWANG MERAH (Allium ascolonicum L) DI PASAR CIKURUBUK KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (59kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (126kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Bawang merupakan komoditas unggulan dari jenis tanaman hortikultura yang termasuk kedalam kelompok rempah. Bawang berfungsi sebagai bahan tambahan dalam makan dan bawang juga biasanya dipakai sebagai obat tradisional. Keragaman karakteristik yang terdapat pada bawang merah menimbulkan perbedaan preferensi dari konsumen yang kemudian berpengaruh terhadap keputusan akhir pembelian. Preferensi konsumen rumah tangga merupakan pilihan suka atau tidak suka terhadap atribut bawang merah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis Preferensi konsumen berdasarkan sikap konsumen terhadap atribut bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, (2) Menganalisis perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, (3) Menganalisis Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian bawang merah Di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan penentuan responden menggunakan accidental sampling, berjumlah 100 responden konsumen bawang merah untuk keperluan rumah tangga di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Untuk mengetahui perbedaan preferensi, data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Chi-Square (X2 ). Sedangkan untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen bawang merah yakni menggunakan analisis Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan preferensi konsumen rumah tangga dalam memilih bawang merah yakni pada atribut harga, tingkat kelembaban, ukuran, aroma, kesegaran. Preferensi konsumen bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya yaitu harga yang murah dan sedang, tingkat kelembaban yang sedang, ukuran yang sedang, aroma yang agak menyengat, dan kesegaran yang baik. Urutan atribut bawang merah yang paling dipertimbangkan hingga kurang dipertimbangkan oleh konsumen bawang merah yakni kesegaran, tingkat kelembaban, aroma, harga, ukuran. Kata Kunci: Bawang Merah, Konsumen Rumah Tangga, Preferensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:44
Last Modified: 12 Feb 2025 03:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

View Item View Item