PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT SKRIPSI

DARULFALAH, ZAHRA HAFIFATUL JANNAH (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT SKRIPSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (324kB)
[img] Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf

Download (268kB)
[img] Text
5_Abstrak.pdf

Download (275kB)
[img] Text
6_Kata Pengantar.pdf

Download (410kB)
[img] Text
7_Daftar Isi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
8_Daftar TEBEL.pdf

Download (227kB)
[img] Text
9_Daftar GAMBAR.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10_Daftar LAMPIRAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
11_BAB 1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
12_BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13_BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
15_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
16_Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18_Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geometer's Sketchpad (GSP) terhadap kemampuan penalaran logis matematis siswa SMP pada materi segiempat. Penelitian dilakukan di MTs 109 Kujang, Ciamis, dengan melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geometer's Sketchpad (GSP) dan kelompok kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tanpa bantuan Geometer's Sketchpad (GSP). Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis pertama menggunakan uji paired sample t test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,042, sebesar 0,025 (0,05 2 ) karena analisis ini menggunakan uji dua arah (2-tailed), maka dapat disimpulkan bahwa 0,042 lebih besar dari 0,025. Uji hipotesis kedua menggunakan uji uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,219, sebesar 0,025 (0,05 2 ) karena analisis ini menggunakan uji dua arah (2-tailed), maka dapat disimpulkan bahwa 0,219 lebih besar dari 0,025. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geometer’s Sketchpad (GSP) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran logis matematis siswa SMP pada materi segiempat dibandingkan dengan penggunaan Problem Based Learning (PBL) tanpa bantuan Geometer's Sketchpad (GSP). Kata Kunci: Problem Based Learning, Geometer's Sketchpad, Penalaran Logis Matematis, Pembelajaran Matematika, Segiempat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:39
Last Modified: 17 Jan 2025 07:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item View Item