PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN

HANDAYANI, NADYA PUTRIE (2024) PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (431kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (613kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (417kB)
[img] Text
6. Pedoman Literasi arab latin.pdf

Download (584kB)
[img] Text
7. Daftar isi,daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (752kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (785kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (555kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan mayoritas penduduk di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung beragama Islam dan berada di wilayah perkotaan, kebutuhan produk makanan kemasan yang berlabel halal sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi membuat produk makanan kemasan bervariasi mulai dari produk lokal hingga internasional. Tak jarang produk di pasaran tercampur antara yang berlabel halal dan tidak berlabel halal. Label halal, kesadaran halal dan viral marketing merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh label halal, kesadaran halal dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang berdomisili di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Sampel yang digunakan sebanyak 344 responden dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan pengolahan data menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel Label Halal (X1), Kesadaran Halal (X2), dan Viral Marketing (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Produk Makanan Kemasan di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, pencantuman label halal pada produk makanan kemasan baik produk lokal maupun impor menjadi penting karena produk yang dinyatakan halal oleh pihak yang berwenang cenderung aman juga terpercaya untuk dikonsumsi dibanding yang belum mencantumkan label halal. Jika memang tertarik dengan produk makanan kemasan yang viral, masyarakat Muslim di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung perlu memperhatikan kebolehannya menurut agama Islam maupun kesehatan yang bisa dilihat melalui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Kata Kunci: Label Halal, Kesadaran Halal, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Produk Makanan Kemasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:29
Last Modified: 17 Jan 2025 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item