HANDAYANI, NADYA PUTRIE (2024) PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
4. Abstrak.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
6. Pedoman Literasi arab latin.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
7. Daftar isi,daftar tabel, daftar gambar.pdf Download (752kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
![]() |
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dengan mayoritas penduduk di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung beragama Islam dan berada di wilayah perkotaan, kebutuhan produk makanan kemasan yang berlabel halal sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi membuat produk makanan kemasan bervariasi mulai dari produk lokal hingga internasional. Tak jarang produk di pasaran tercampur antara yang berlabel halal dan tidak berlabel halal. Label halal, kesadaran halal dan viral marketing merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh label halal, kesadaran halal dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang berdomisili di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Sampel yang digunakan sebanyak 344 responden dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan pengolahan data menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel Label Halal (X1), Kesadaran Halal (X2), dan Viral Marketing (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Produk Makanan Kemasan di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, pencantuman label halal pada produk makanan kemasan baik produk lokal maupun impor menjadi penting karena produk yang dinyatakan halal oleh pihak yang berwenang cenderung aman juga terpercaya untuk dikonsumsi dibanding yang belum mencantumkan label halal. Jika memang tertarik dengan produk makanan kemasan yang viral, masyarakat Muslim di Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung perlu memperhatikan kebolehannya menurut agama Islam maupun kesehatan yang bisa dilihat melalui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Kata Kunci: Label Halal, Kesadaran Halal, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Produk Makanan Kemasan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:29 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |