RAHAYU, IRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. KATA PRNGANTAR.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB 3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media video dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi APBN dan APBD. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes essai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 215 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 6 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas control dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 0,05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan demikian disimpulkan dalam penelitian bahwa model problem based learning dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Video
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:26 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |