Nuraeni, Rani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII C SMPN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (183kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (347kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (218kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (278kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (339kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII C SMPN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII C SMPN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu pembelajaran menulis teks deskripsi, sebanyak 9 orang (29%) telah mencapai SKBM dan 22 orang (71%) belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis teks deskripsi, sebanyak 31 peserta didik (100%) telah mencapai SKBM yang telah ditentukan sekolah, yaitu nilai 78. Berdasarkan hasil uji normalitas, data nilai kemampuan menulis teks deskripsi pada siklus kesatu dan kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (116,56) dengan taraf signifikasi (0,01). Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII C SMPN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14767 |
Actions (login required)
View Item |