PALUPI, INTAN NUR (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASH FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (32kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (461kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keaslian.pdf Download (650kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (302kB) |
|
Text
5. Abstract.pdf Download (292kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (322kB) |
|
Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (304kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (204kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (186kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (184kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (304kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (586kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (440kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantu media flash flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi di lingkungan kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Materi sistem koordinasi yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi pada materi sistem saraf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian berupa essay sebanyak 12 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikasi kemampuan berpikir kritis kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning berbantu media flash flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Flash Flipbook, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Saraf
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:23 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14642 |
Actions (login required)
View Item |