Salam, Muhammad Daffa (2024) ANALISIS KECEPATAN, KERAPATAN DAN VOLUME KENDARAAN AKIBAT PENUTUPAN PALANG PINTU KERETA API DENGAN METODE GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD (Studi Kasus Perlintasan kereta api dan simpang di Jalan Simpang Gayam Ciptomangunkusumo, Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (316kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (141kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (890kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sistem transportasi yang terbentuk dari komponen sarana, prasarana dan manusia adalah bagian hidup masyarakat saat ini. Pertemuan antara jalan raya dan jalan rel merupakan persimpangan pada perlintasan sebidang dan merupakan titik yang dapat terjadi konflik antara dua moda transportasi. Salah satu perlintasan sebidang yang ada di Kota Ciamis berada pada perlintasan sebidang ruas jalan Ciptomangunkusumo di Jalan simpang Gayam. Pada perlintasan tersebut volume kendaraan yang melintas cukup besar sehingga pada saat pintu tertutup dapat membuat antrian yang cukup panjang dan juga membuat banyak kendaraan mengalami tundaan. Karakteristik lalu lintas yang disurvei pada penelitian ini yaitu volume, kecepatan dan kerapatan lalu lintas . Disamping itu juga dilakukan survey terhadap jadwal kedatangan kereta api, lama penutupan pintu perlintasan, panjang antrian, banyak kendaraan dalam antrian dan waktu pemulihan kendaraan. Dari hasil perhitungan menggunakan metode Greenshield, Greenberg, dan Underwood dengan pengujian statistik terlihat bahwa model Greenshield memenuhi kriteria lebih baik diantara kedua model lainnya. Analisa antrian dan tundaan yang diperoleh yaitu pada periode penutupan palang pintu rel kereta api pada 15:00 – 15:15 hari jumat, Peluang Antrian batas atas = 11.337% dan untuk Peluang Antrian batas bawah = 3.742%, Tundaan Lalu Lintas = 4.154 det/kend, Tundaan Lalu Lintas Mayor = 3.103 det/kend. Tundaan Lalu Lintas Minor = 1.145 det/kend, Tundaan Geometrik Simpang = 4.630 det/smp, dan Tundaan Simpang = 9.381 det/smp Kata kunci : Perlintasan Sebidang, Karakteristik Lalulintas, Tundaan dan Antrian
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14443 |
Actions (login required)
View Item |