POLA ASUH ORANG TUA DAN GURU DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK (Studi pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Attarbiyah Kota Tasikmalaya)

Muharom, Yana (2023) POLA ASUH ORANG TUA DAN GURU DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK (Studi pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Attarbiyah Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENGUJ1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SURAT KEABSAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Percaya diri dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Penting orang tua dan guru memahami proses perkembangan kepercayaan diri anak melalui pola asuh yang sesuai agar anak dapat secara optimal dalam mengembangkan kecerdasan dan bakatnya. Anak yang memiliki rasa percaya diri cenderung lebih optimis dan keinginan untuk berprestasi lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola asuh yang dilakukan oleh orang tua dan guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak. Metode penelitian Deskriptip kualitatif. Teknik penelitian wawancara dan observasi lapangan guna mendapatkan data yang akurat dan akuntabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola asuh dalam meningkatkan rasa percaya diri anak yang paling efektif antara pola asuh demokratis, otoriter dan permisif adalah pola asuh demokratis. Pola asuh ini lebih memberikan keleluasaan dan kebebasan kepada anak dalam mengeksplor kemampuan dan mengembangkan bakatnya. Simpulan dalam mengembangkan rasa percaya diri anak para orang tua dan guru di Madrasah Ibtidaiah At-Tarbiyah Kota Tasikmalaya menerapkan Pola asuh demokratis yang sesuai dengan kebutuhan psikologi dan karakteristik anak sehingga mereka memiliki rasa percaya diri. Kata Kunci : Percaya Diri Anak,Pola Asuh Demokratis, Pola Asuh Otoriter,Pola Asuh Permisif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:01
Last Modified: 20 Sep 2024 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

View Item View Item