PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

NURHALIFAH, LAILA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi proses dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi proses dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 siswa dan kelas VIII A sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi proses dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (2) kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi proses untuk kelompok kemampuan kognitif tinggi seluruh siswa telah memenuhi indikator fluency, originality, dan elaboration, serta 90% memenuhi indikator flexibility sisanya tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan beragam cara, sedangkan untuk kelompok kognitif sedang, seluruh siswa telah memenuhi indikator originality dan elaboration, 91% mampu memenuhi indikator fluency sisanya tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan lebih dari satu jawaban, dan 64% mampu memenuhi indikator flexibility sisanya tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan beragam cara. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi proses; model Problem Based Learning; kemampuan berpikir kreatif matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:08
Last Modified: 10 Sep 2024 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item