INVESTIGATING EFL STUDENTS' EMOTIONAL ENGAGEMENT IN PROFESSIONAL LISTENING AND SPEAKING CLASS THROUGH ROLE PLAY ACTIVITY

FITRI, AININA RAHMIA (2024) INVESTIGATING EFL STUDENTS' EMOTIONAL ENGAGEMENT IN PROFESSIONAL LISTENING AND SPEAKING CLASS THROUGH ROLE PLAY ACTIVITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET 1.pdf

Download (912kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET 2.pdf

Download (745kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
5. PERSONAL PAGE.pdf

Download (98kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (60kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (65kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (105kB)
[img] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (53kB)
[img] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (120kB)
[img] Text
12. CHAPTER 1.pdf

Download (76kB)
[img] Text
13. CHAPTER 2.pdf

Download (111kB)
[img] Text
14. CHAPTER 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (141kB)
[img] Text
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

Teknik permainan peran merupakan teknik yang sudah lama popular yang dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Keterlibatan emosi merupakan hal yang krusial karena emosi adalah gambaran reaksi positif atau negatif terhadap suatu rangsangan baik dari diri sendiri, lingkungan, maupun orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlibatan emosi siswa EFL yang dihasilkan dari penggunaan permainan peran sebagai teknik belajar pada mata kuliah Professional Listening and Speaking. Partisipan terdiri dari 4 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur lalu dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa terlibat secara emosional ketika melakukan permainan peran pada mata kuliah Professional Listening and Speaking. Hasil tersebut adalah; (1) permainan peran merupakan teknik belajar yang menarik dan menyenangkan, (2) permainan peran merupakan teknik belajar baru yang menantang, (3) permainan peran menambah kepercayadirian, (4) permainan peran melelahkan, (5) permainan peran membuat frustrasi, dan (6) gugup. Kata kunci: Keterlibatan Emosional, Permainan Peran, Siswa EFL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:21
Last Modified: 06 Sep 2024 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item