RAMADANTI, INTAN (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Cisayong). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (103kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (263kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (163kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (103kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (169kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (191kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (385kB) |
|
Text
12. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengteahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cisayong sebanyak 96 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas eksperimen berjumlah 32 orang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make a Match dan kelas kontrol berjumlah 32 orang menggunakan model konvensional dengan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe make a match dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional terhadap hasil belajar siswa pengukuran akhir pada materi kebijakan perdagangan internasional, Dimana Ha diterima jika nilai sig (2-tailed)< 0,005 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,005. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daipada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, cooperative learning tipe make a match
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14040 |
Actions (login required)
View Item |