AZKIYA, FAWZAN (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYAJIKAN GAGASAN, PERASAAN, PENDAPAT DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
3-LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
4-ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
5-KATA PENGANTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
6-DAFTAR ISI-TABEL-GAMBAR-LAMPIRAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
7-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
8-BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (439kB) |
|
Text
9-BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (216kB) |
|
Text
10-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11-BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
12-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
Text
13-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
14-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi. Pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 78. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, serta tes untuk memperoleh data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan uji Normalitas. Hasil uji menunjukkan data berdistribusikan tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon, baik untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan, diketahui hasil W hitung (0) < (lebih kecil) daripada W tabel (2,5758). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13907 |
Actions (login required)
View Item |