RAHMATUNNISA, AULYA (2024) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (177kB) |
|
Text
03 Surat Keterangan Revisi.pdf Download (305kB) |
|
Text
04 Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (79kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (116kB) |
|
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (190kB) |
|
Text
08 Daftar Tabel.pdf Download (300kB) |
|
Text
09 Daftar Gambar.pdf Download (181kB) |
|
Text
10 Daftar Lampiran.pdf Download (300kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (910kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (529kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
16 Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
|
Text
17 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
18 Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis melalui model problem based learning (PBL) dengan model discovery learning (DL) ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya, sample diambil secara acak (random sampling), terambil kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan tes kemampuan berpikir reflektif. Instrumen yang digunakan yaitu test uraian kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara model problem based learning dibandingkan dengan model discover learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik baik dilihat secara keseluruhan maupun ditinjau dari kemampuan awal peserta didik tinggi, sedang dan rendah. Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif matematis, model problem based learning(PBL), model discovery learning(DL)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13863 |
Actions (login required)
View Item |