PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024)

AGUSTIN, DURISA DELAS (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (885kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (748kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk Pilihan Ganda (PG). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 215 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampel purposive sampling sebanyak dua kelas dari keseluruhan kelas XI IPS yang ada di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi Perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi perdagangan internasional yang mana dapat ditinjau dari Ha diterima dengan nilai signifikansi 0.000 <0.05. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, CIRC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:24
Last Modified: 29 Aug 2024 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item