AGUSTIN, DURISA DELAS (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (193kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (885kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (574kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (347kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (748kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (334kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (448kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BIODATA PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk Pilihan Ganda (PG). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 215 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampel purposive sampling sebanyak dua kelas dari keseluruhan kelas XI IPS yang ada di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi Perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi perdagangan internasional yang mana dapat ditinjau dari Ha diterima dengan nilai signifikansi 0.000 <0.05. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, CIRC
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13750 |
Actions (login required)
View Item |