MUSTHARIANI, MIRNA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN NEARPOD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (55kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (96kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (541kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (191kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar berbantuan nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan berpikir analitis. Instrumen penelitian mencakup lembar kisi-kisi wawancara, lembar penilaian validasi, lembar angket respon peserta didik, serta soal pretest dan posttest kemampuan berpikir analitis. Subjek penelitian terdiri dari 10 peserta didik kelas VII F untuk uji coba kelompok kecil dan 20 peserta didik kelas VII K untuk uji coba lapangan. Pada tahap development melalui angket validasi ahli diperoleh hasil mencapai 86,93% dari ahli materi dan 93% dari ahli media. Pada tahap implementation melalui angket respon peserta didik dan angket respon guru, diperoleh respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil 92,8%, respon peserta didik pada uji coba lapangan 85,6%, dan respon guru mencapai 92%. Dan pada tahap evaluation melalui tes soal pretest dan posttest yang diukur dengan menggunakan rumus N-gain, dengan rata-rata nilai pretest 39,5 dan rata-rata nilai posttest 61,8 menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,368 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbantuan nearpod valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik SMPN 10 Tasikmalaya. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Nearpod, ADDIE, Kemampuan berpikir analitis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13460 |
Actions (login required)
View Item |