PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PAPAN RODA JELAJAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 GARUT Tahun Ajaran 2023/2024)

FAUZHI, MUHAMMAD DARUL (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PAPAN RODA JELAJAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 GARUT Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (125kB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (274kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

MUHAMMAD DARUL FAUZHI. 2024. PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN RODA JELAJAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PELAJARAN EKONOMI”. (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 3 GARUT). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwang, Tasikmalaya. Di Bawah Bimbingan Gugum Gumilar, S.Pd., M.Pd. Dan BaktiWidyaningrum, S.Pd., M.Pd. Hasil pengamatan kelas XI IPS SMAN 3 Garut terdapat permasalahan hasil belajar peserta didik yang dikategorikan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe team games tournament (TGT) berbantuan media pembelajaran papan roda jelajah pada mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang diggunakan adalah kuantitatif, metode kuantitatif yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup desain, dengan bentuk instrumen pilihan ganda. Populasinya adalah kelas XI IPS SMAN 3 Garut Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling non-probability dengan jenis purposive sampling. Pertimbangan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan mencari kelas yang mempunyai nilai rata-rata terendah dan memiliki nilai rata-rata yang tidak berbeda jauh. Sehingga mengambil kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai Sig.(2- tailed) 0,000<0,05 atau hipotesis diterima. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kesimpulannya dalam penelitian ini bahwa cooperative learning tipe team games tournament (TGT) berbantuan media pembelajaran papan roda jelajah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:19
Last Modified: 20 Aug 2024 02:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item View Item