ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

AMALIA, RIZNY ANANDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dri Adversity Quotient di salah satu sekolah di Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan Adversity Quotient. Metode yang digunakan adalah eksploratif dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan representasi matematis, angket resiliensi matematis, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu tiga siswa kelas VIII D SMPN 15 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket Adversity Quotient, yang dikategorikan sebagai Climber, camper, dan quitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Climber, Siswa dengan kategori ini mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep, menyatakan ulang konsep, mengembangkan syarat perlu dan cukup suatu konsep, mengklasifikasikan objek sesuai konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, menggunakan prosedur tertentu, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Subjek dengan kategori Climber menunjukkan sikap tidak mudah menyerah dan memiliki cara sendiri untuk mempermudah pemecahan soal. subjek juga aktif bersosialisasi dan berdiskusi untuk menemukan jawaban yang tepat. Camper, Siswa dalam kategori ini memiliki kemampuan serupa dalam memahami konsep matematis seperti Climber. Namun, subjek cenderung puas dengan apa yang telah dicapai dan tidak berusaha lebih jauh. Saat jawaban mereka salah, mereka merasa sudah cukup dengan usaha yang dilakukan dan tidak berusaha memperbaikinya lebih lanjut. Quitter, Siswa dengan kategori ini juga memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep matematis tetapi mudah menyerah saat menghadapi kesulitan. subjek cenderung menghindari masalah tanpa berusaha mencari solusi, tidak menanyakan kepada teman sebaya, dan tidak mencoba menemukan jawaban yang tepat. Sehingga Penelitian ini menunjukkan hubungan antara Adversity Quotient dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep Matematis, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:09
Last Modified: 19 Aug 2024 05:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13404

Actions (login required)

View Item View Item