SINAMBELA, HOTMA AGUSTINA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY DAN MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER-1.pdf Download (85kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
3. KETERANGAN REVISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (16kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (67kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (123kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (148kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (223kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran adaptif peserta didik ditinjau dari gaya belajar menurut Honey dan Mumford yang terdiri dari 4 tipe gaya belajar yaitu tipe aktivis, tipe reflektor, tipe teoris, dan tipe pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP BPK Penabur Tasikmlaya, dengan subjek penelitian 4 orang dari kelas VII, terdiri dari satu peserta didik dengan gaya belajar aktivis, satu peserta didik dengan gaya belajar reflektor, satu peserta didik dengan gaya belajar teoris dan satu peserta didik dengan gaya belajar aktivis. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive yaitu peserta didik yang menjawab seluruh indikator kemampuan penalaran adaptif tanpa melihat benar atau salah pada materi aritmetika sosial. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan penalaran adaptif pada materi aritmetika sosial, angket gaya belajar menurut Honey dan Mumford yaitu Learning Style Questionnaire, dan wawancara tidak terstruktur. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa peserta didik dengan gaya belajar tipe aktivis mampu menyelesaikan dengan tepat 3 dari 5 indikator kemampuan penalaran adaptif, yaitu mampu menyusun dugaan; mampu memberikan alasan terhadap kebenaran suatu pernyataan; mampu menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; tetapi tidak mampu dalam memeriksa kesahihan suatu argumen; dan tidak mampu menemukan pola pada suatu gejala matematis dikarenakan masih belum memahami konsep untuk menemukan pola. Peserta didik dengan tipe gaya belajar reflektor mampu menyelesaikan dengan tepat kelima indikator kemampuan penalaran adaptif. Begitu pula dengan tipe gaya belajar pragmatis dan teoris juga mampu menyelesaikan dengan tepat semua indikator kemampuan penalaran adaptif. Kata kunci: kemampuan penalaran adaptif, gaya belajar honey dan mumford
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13258 |
Actions (login required)
View Item |