PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK N Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

HASANAH, ADE NURUL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK N Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (93kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (162kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Manonjaya yang dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan materi biaya produksi dan keuntungan usaha. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri Manonjaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 3 yang berjumlah 36 orang peserta didik sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan materi biaya produksi dan keuntungan usaha, Ha diterima jika nilai Sig.2 tailed < dari 0,05 atau 5% dan berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,005, jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 90,02 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 67,69, maka penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media game edukasi Quizizz efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Quizizz

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:56
Last Modified: 14 Aug 2024 08:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item