DELIANTI, SELA SITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/ 2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (221kB) |
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (173kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (192kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (205kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (124kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (133kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (191kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (181kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN ILMIAH.pdf Download (242kB) |
|
Text
Ucapan Terimakasih.pdf Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada November sampai Mei 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras sebanyak lima kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 151 orang. Sampel penelitian dambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga di peroleh dua kelas yang disajikan sampel yaitu kelas XI.3 sebanyak 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI.1 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraiansebanyak 8 soal berpikir kritis dan tes hasil belajar kognitif berupa pilihan majemuk sebanyak 30 soal pada materi sistem ekskresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : model pembelajaran, creative problem solving, berpikir kritis hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13216 |
Actions (login required)
View Item |