PERMANA, FAJAR RAMDHAN (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA MELALUI BEBRAS TASK DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (169kB) |
|
Text
3. SK Revisi ujian skripsi.pdf Download (117kB) |
|
Text
4. Pernyataan keaslian.pdf Download (131kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. Kata pengantar.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. Daftar isi.pdf Download (32kB) |
|
Text
8. Daftar tabel.pdf Download (25kB) |
|
Text
9. Daftar gambar.pdf Download (24kB) |
|
Text
10. Daftar lampiran.pdf Download (28kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (70kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (218kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (189kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Download (10kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional siswa melalui bebras task ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian tes komputasional, angket self-efficacy, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah soal komputasional dan angket self-efficacy. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil masingmasing satu orang dari kategori self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan self-efficacy tinggi mampu memenuhi seluruh indikator berpikir komputasional yaitu dekomposisi, siswa mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan, pengenalan pola, siswa mampu mengenali pola awal, generalisasi pola dan abstraksi, siswa mampu mengetahui rumus umum serta menyelesaikan persoalan dengan benar dan berpikir algoritma, siswa mengerjakannya dengan sistematis dan tersusun, (2) siswa dengan selfefficacy sedang mampu memenuhi indikator dekomposisi, siswa mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan, pengenalan pola, siswa mampu mengenali pola awal, abstraksi, siswa dapat menyelesaikan persoalan dengan benar. Siswa menyelesaikan dengan cara manual tanpa rumus sehingga tidak memenuhi indikator generalisasi pola dan tidak memenuhi berpikir algoritma (3) siswa dengan self-efficacy rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu dekomposisi yaitu siswa hanya dapat mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan. Kata kunci: berpikir komputasional, self-efficacy, bebras task
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:53 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13168 |
Actions (login required)
View Item |