MELIANI, IRA (2024) ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
03 SURAT KETERANGAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (82kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (230kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (196kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (195kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (576kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (507kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan epistemologi matematika peserta didik pada materi lingkaran ditinjau dari Self Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket Self Regulated Learning, pemberian soal tes materi lingkaran, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket Self Regulated Learning dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa: 1) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning tinggi mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis kecenderungan membuat generalisasi; 2) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning sedang mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis yang berbeda yaitu dua peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan membuat generalisasi, satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan membuat generalisasi dan kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah, dan satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah; 3) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning rendah mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis yang berbeda yaitu dua peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, dan satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, kecenderungan membuat generalisasi, dan kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah. Penyebab peserta didik mengalami hambatan epistemologi matematika adalah peserta didik belum sepenuhnya dapat menyerap informasi dengan baik, belum memahami materi secara rinci, memiliki pengalaman yang terbatas dalam mengerjakan soal, serta pemahaman konsep dasar lingkaran yang masih rendah. Kata kunci: Hambatan Epistemologi, Materi Lingkaran, Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13144 |
Actions (login required)
View Item |