DESAIN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK

ANWAR, IHSAN NURIL (2024) DESAIN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI SKRIPSI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran segiempat dan segitiga dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra melalui perancangan Hypothetical Learning Trajectory dengan konteks matematika untuk membantu proses matematisasi peserta didik sehingga menghasilkan learning trajectory yang efektif dan efisien, serta capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat hal�hal yang terjadi selama proses pembelajaran, merekam proses pembelajaran guna memperoleh data selama tahap design experiment, memberikan tes literasi numerasi untuk mengetahui dampak dan capaian literasi numerasi peserta didik, dan wawancara kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya kelas VII C sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan konteks matematika berperan dalam merepresentasikan visualisasi dan memfasilitasi pemahaman konsep. (2a) Learning trajectory Luas Segiempat dan segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan alat bantu seperti Geogebra; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (2b) Learning Trajectory Keliling Segiempat dan Segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait keliling; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel luas yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 82% dan pada siklus teaching experiment 93%. Kata kunci: Design Research, Geogebra, Inkuiri Terbimbing, Learning Trajectory, Literasi Numerasi, Segiempat dan Segitiga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:00
Last Modified: 14 Aug 2024 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item