DESAIN PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI SPATIAL THINKING

HIDAYATI, SANTI AULIYA (2024) DESAIN PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI SPATIAL THINKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
03 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (745kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15kB)

Abstract

SANTI AULIYA HIDAYATI. 2024. Desain Pembelajaran Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok Melalui Problem Based Learning Berbantuan Geogebra dan Berorientasi Spatial Thinking. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks bungkus kado dan milo cube, menghasilkan learning trajectory, mengetahui capaian spatial thinking peserta didik yang dirancang dalam bentuk desain pembelajaran kubus dan balok melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi untuk mengamati dan mencatat hal-hal yang terjadi selama proses pembelajaran, merekam proses pembelajaran guna memperoleh data selama tahap design experiment, memberikan tes spatial thinking untuk mengetahui dampak dan capaian spatial thinking peserta didik, dan wawancara kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tasikmalaya kelas VIII I sebagai kelas pilot experiment dan VIII K sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan konteks bungkus kado dan milo cube berperan sebagai visualisasi, representasi tiga dimensi, dan hands-on. (2a) Learning Trajectory Luas Permukaan Kubus dan Balok: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan Geogebra; (iii) Building Stone Number: Mengidentifikasi elemen bangun ruang; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep secara formal. (2b) Learning Trajectory Volume Kubus dan Balok: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait volume; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Mengeksplorasi perhitungan volume; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep volume secara formal. Serta (3) Capaian spatial thinking peserta didik pada siklus pilot experiment mandapatkan 81%, sedangkan pada siklus teaching experiment mendapatkan 89%. Kata kunci: Design Research, Geogebra, Kubus dan Balok, Learning Trajectory, Problem Based Learning, Spatial Thinking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:52
Last Modified: 08 Aug 2024 06:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item View Item