PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURBAETI, NURBAETI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
05 Kata Pengantar.pdf

Download (295kB)
[img] Text
06 Daftar Isi.pdf

Download (401kB)
[img] Text
07 Daftar Tabel.pdf

Download (293kB)
[img] Text
08 Daftar Gambar.pdf

Download (183kB)
[img] Text
09 Daftar Lampiran.pdf

Download (188kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (745kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)
[img] Text
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 260. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23 yaitu uji paired samples t-test dan independen samples t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 37,5 menjadi 81,85. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan yaitu dari 34,05 menjadi 77,84. Terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diketahui dari nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,042 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantuan media Mind Mapping memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci : Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Student Facilitator and Explaining (SFE)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:01
Last Modified: 12 Aug 2024 01:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13025

Actions (login required)

View Item View Item