PENGARUH KONTINUITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN DIMODERASI OLEH PERSISTENSI DIRI (Survei pada Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023/2024)

MULYANI, ECI (2024) PENGARUH KONTINUITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN DIMODERASI OLEH PERSISTENSI DIRI (Survei pada Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
03 TANDA TANGAN PENGUJI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
06 ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
08 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (292kB)
[img] Text
09 DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
10 DAFTAR TABEL.pdf

Download (183kB)
[img] Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (915kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa yang rendah. Masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan oleh sekolah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kontinuitas Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar dengan Dimoderasi oleh Persistensi Diri. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X yang berjumlah 420 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling jenis simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 205 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara kontinuitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Kemudian untuk hasil moderated regression analysis (MRA) menunjukkan bahwa tidak adanya efek yang menunjukan bahwa persistensi diri dapat memperlemah dan memperkuat kontinuitas belajar terhadap hasil belajar dikarenakan kontinuitas belajar dan persistensi diri berjalan masing-masing dalam mempengaruhi hasil belajar, sedangkan menunjukkan adanya efek yang memperkuat persistensi diri pada motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kontinuitas Belajar, Motivasi Berprestasi, Persistensi Diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:40
Last Modified: 05 Aug 2024 01:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item