Kusmayadi, Annisa Pebrianti (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CHILDREN-CENTERED DESIGN SEBAGAI APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VISUAL ANAK PRASEKOLAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (131kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. Lembar Penguji.pdf Download (73kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf Download (88kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (223kB) |
|
Text
6. Lembar Pribadi.pdf Download (161kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar.pdf Download (189kB) |
|
Text
8. Daftar Isi,Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf Download (307kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (511kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (267kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sebagian besar anak usia dini terutama mereka yang berada pada tahap awal perkembangan, belum sepenuhnya mengembangkan kemampuan visual. Penyebab utama dari masalah ini kurangnya stimulasi visual yang tepat, kurangnya kesempatan untuk mengeksplorasi dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kognitif anak melalui pengembangan game edukatif yang efektif dan menyenangkan, hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya pengembangan kemampuan visual anak-anak yang berada pada tahap awal perkembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Children-Centered Design yang melibatkan empat tahapan utama yaitu Specify Context Of Use, Specify Requirements, Create Solution Design dan Evaluation. Pengembangan game diimplementasikan menggunakan software unity yang didukung materi kurikulum Lembar Kerja Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dengan mengimplementasikan lima kategori dasar yaitu huruf, angka, bentuk, warna, dan evaluasi. Pengujian dilakukan dengan menguji fungsionalitas dan usability game menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang disebarkan melalui google form. Hasil pengujian pada penelitian ini menggunakan metode SUS dengan menunjukkan hasil bahwa game mendapatkan persentase 80% yang termasuk dalam kriteria excellent, dengan grade B dalam kategori acceptable. Berdasarkan kriteria tersebut maka game keterampilan visual dapat diterima dan layak didistribusikan kepada pengguna. Kata Kunci : Game Edukasi, Children-Centered Design, Keterampilan visual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12869 |
Actions (login required)
View Item |