HIDAYAT, NUZUL RAMDAN (2023) PEMANFAATAN GAME EDUKASI OLEH TUTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi di Paud Al-Hikmah Sukajaya Desa Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
|
Text
3. LEMBAR TTD DEWAN PENGUJI.pdf Download (129kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (119kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (87kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR (1).pdf Download (50kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (66kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (66kB) |
|
Text
11.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (74kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (190kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (112kB) |
|
Text
Bab IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
|
Text
BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan melimpahnya gadget di sekitar anak menjadi sisi tersendiri yang belum digali untuk dimaksimalkan oleh tutor dan orang tua demi perkembangan anak. Karena itu, tutor harus kreatif mencari cara agar anak tetap mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya sekaligus memanfaatkan gadget sebagai sumber daya yang melimpah. Solusi yang dilakukan oleh para tutor adalah dengan membelajarkan anak menggunakan game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan game edukasi oleh tutor dalam meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini. Peneliti menerapkan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengambil fenomena dari melimpahnya gadget serta menjamurnya game edukasi melalui aplikasi android yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak usia dini. Dengan mengambil studi kasus di Paud Al-Hikmah Sukajaya peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Game Edukasi Bercode Studio oleh tutor memberikan kesempatan belajar kepada anak secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Game edukasi Bercode Studio oleh Tutor dapat meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini di PAUD Al�Hikmah Sukajaya Desa Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Kata Kunci : Game Edukasi, Kemampuan Belajar, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Apr 2024 07:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2024 07:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12479 |
Actions (login required)
View Item |