NURAZIZAH, SITI AYU (2024) PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUSYARAKAH, DAN MUDHARABAH TERHADAP RASIO PROFITABILITAS DENGAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada PT. Bank Jabar Banten Syariah Periode 2015-2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (46kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
5 PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (146kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (61kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (245kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (540kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (166kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan anatara teori dengan fakta yang terlihat pada laporan keuangan PT. Bank Jabar Banten Syariah dan pertimbangan biaya promosi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi setiap variabel, serta untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, musyarakah, dan mudharabah terhadap rasio profitabilitas pada PT. Bank Jabar Banten Syariah periode 2015-2022 secara parsial dan simultan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel biaya promosi memoderasi hubungan antara masing-masing variabel pembiayaan murabahah, musyarakah dan mudharabah terhadap rasio profitabilitas pada PT. Bank Jabar Banten Syariah periode 2015-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan mengakses laporan keuangan triwulan melalui website resmi BJB Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 26. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis terdapat koefisien korelasi sederhana, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji t, regresi linier berganda dan uji f, serta analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pembiayaan murabahah tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap rasio profitabilitas, pembiayaan musyarakah berpengaruh negatif signifikan terhadap rasio profitabilitas, pembiayaan mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap rasio profitabilitas. Secara simultan pembiayaan murabahah, musyarakah, dan mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap rasio profitabilitas. Hasil uji moderasi biaya promosi tidak memoderasi pengaruh pembiayaan murabahah terhadap rasio profitabilitas, biaya promosi memoderasi (memperlemah) pengaruh pembiayaan musyarakah terhadap rasio profitabilitas, biaya promosi tidak memoderasi pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap rasio profitabilitas. Penelitian ini memberikan kontribusi literatur tambahan yaitu biaya promosi sebagai variabel moderasi. Bagi bank BJB Syariah untuk lebih mengoptimalkan produk atau layanannya sehingga dapat meningkatkan profitabilitas, melakukan promosi serta menerapkan prinsip kehati-hatian, kemudian bagi masyarakat produk dan layanan BJB Syariah ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk digunakan. Pemerintah dapat mendorong Bank Jabar Banten Syariah untuk terus mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Kata Kunci: Murabahah, Musyarakah, Mudharabah, Biaya Promosi, Rasio Profitabilitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 02:59 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 02:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |