YUNIAR, MARTHA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROAR (READ, OBSERVE, AUDITORY, REVIEW) BERBANTUKAN MEDIA BAAMBOOZLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (36kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (273kB) |
|
Text
Lembar Revisi Skripsi.pdf Download (255kB) |
|
Text
Pernyataan Materai.pdf Download (215kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text
Kata Pengantar dll.pdf Download (154kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (24kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (254kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (335kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (37kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) berbantukan Baamboozle terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 4 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 186 dengan 76 sampel peserta didik, terdiri dari 36 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25 yaitu uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 <0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ROAR berbantukan media Baamboozle terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Baamboozle, Pemahaman Konsep, ROAR
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:27 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12380 |
Actions (login required)
View Item |