PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

ROMDIANI P, NISA SRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media belajar interaktif menggunakan articulate storyline 3, mendeskripsikan capaian dan effect size penggunaan media belajar interaktif menggunakan articulate storyline 3 terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi aritmetika sosial. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, mengisi lembar validasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, kuesioner, lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Data penelitian bersumber dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 6 orang peserta didik kelas VII di luar kelas VII-A dan 21 orang peserta didik kelas VII-A SMPN 1 Salopa. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap Assessment/ Analysis menghasilkan kebutuhan peserta didik yaitu media belajar interaktif yang dapat dijalankan di komputer/laptop untuk mengeksplor kemampuan komunikasi matematis materi aritmetika sosial. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart, struktur navigasi, storyboard, merancang materi pelajaran, instrumen tes, kuesioner, dan lembar validasi. Pada tahap Development, mengembangkan produk berupa aplikasi yang dapat dijalankan di komputer/laptop dengan nama ABAS (Aplikasi Belajar Aritmetika Sosial) yang telah dinyatakan “sangat layak” digunakan oleh ahli materi dan ahli media, serta telah di uji coba kelompok kecil kepada 6 orang peserta didik di luar kelas VII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap Implementation, menerapkan produk kepada 21 orang peserta didik kelas VII-A dan melakukan pretest, posttest, serta kuesioner. Pada tahap Evaluation, menganalisis hasil implementasi. Produk yang dihasilkan efektif untuk mengeksplor kemampuan komunikasi matematis terlihat dari perubahan capaian peserta didik yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dan hasil perhitungan effect size memperoleh nilai sebesar 1,49 dengan kategori “strong effect” dan respon peserta didik penerapan lapangan terhadap penggunaan media kategori “sangat baik”. Hal ini berarti media belajar interaktif dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung pembelajaran matematika materi aritmetika sosial. Kata kunci: Media Belajar Interaktif, Articulate Sroryline 3, Kemampuan Komunikasi Matematis, Aritmetika Sosial, Model Pengembangan ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:25
Last Modified: 28 Mar 2024 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12362

Actions (login required)

View Item View Item