PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL)

WAHYUNI, SITI (2023) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (358kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (722kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model brain based learning, pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model problem based learning, kecemasan matematis dan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model brain based learning, kecemasan matematis dan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif jenis korelasi regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Faqih yang terdiri dari 94 peserta didik, sampel dalam penelitian diambil sebanyak dua kelas dengan teknik cluster sampling, dan terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket kecemasan matematis dan soal tes kemampuan penalaran matematis. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji korelasi regresi sederhana, dengan menghitung koefisien korelasi, melihat nilai signifikansi, dan menghitung koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model brain based learning dan terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi kecemasan matematis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ketika menggunakan model brain based learning sebesar 16.7%. Sementara itu, kecemasan matematis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ketika menggunakan model brain based learning sebesar 52.8%. Kata kunci: Kecemasan Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Brain Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:23
Last Modified: 28 Mar 2024 07:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item