PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS BERDASARKAN BEHAVIORISME PESERTA DIDIK

ALI, NABILA NURHALIZA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS BERDASARKAN BEHAVIORISME PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (47kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis website untuk mengeksplor kemampuan numerasi matematis berdasarkan behaviorisme peserta didik, mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas kemampuan numerasi matematis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis website dan mendeskripsikan behaviorisme peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran berbasis website. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru matematika, 6 orang peserta didik kelas VII, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli psikologi dan 27 orang peserta didik VIIB di SMPN 1 Ciamis, 30 orang peserta didik kelas kelas VIIE di SMPN 4 Ciamis yang mengikuti seluruh rangkaian penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan MDLC versi Luther-Sutopo melalui tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, angket behaviorisme peserta didik dalam penggunaan media website dan test kemampuan numerasi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket behaviorisme peserta didik dalam penggunaan media website dan soal test kemampuan numerasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap concept dilakukan analisis kebutuhan materi, kebutuhan media dan mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan media. Pada tahapan design merancang use case diagram dan storyboard berdasarkan behaviorisme peserta didik, merancang instrument test, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media. Pada tahap material collecting mengumpulkan bahan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan media seperti materi yang akan disajikan, gambar, dan tombol-tombol. Pada tahap assembly melakukan pembuatan media yang akan dikembangkan. Pada tahap testing dilakukan pengujian media yang telah dikembangkan, pengujian dibagi menjadi 2 tahapan yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, dan pengujian beta dilakuakn oleh pengguna media (user). Pada tahap testing juga dilakukan implementasi, media pembelajaran berbasis website diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan soal test kemampuan numerasi matematis. Pada tahap distribution dilakukan pendistribusioan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil pengujian Effect Size (ES) yang diperoleh kategori “Strong Effect”. Hasil analisis gambaran behaviorisme peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis website disimpulkan bahwa peserta didik memiliki inisiatif dalam memanfaatkan website untuk belajar matematika, peserta didik termotivasi untuk belajar matematika, dapat membantu dalam memahami konsep matematika dan memberikan aktivitas pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Kata kunci: Media pembelajaran berbasis website, Kemampuan numerasi matematis, Behaviorisme peserta didik

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:02
Last Modified: 19 Mar 2024 02:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item