NURALISA, AURAGINTA (2023) THE IMPLEMENTATION OF 21ST CENTURY LEARNING SKILLS IN ENGLISH BLENDED LEARNING CLASSROOMS: TEACHERS’ PERCEPTION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (184kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (251kB) |
|
Text
3. APPROVAL SHEET.pdf Download (263kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (122kB) |
|
Text
6. PREFACE.pdf Download (101kB) |
|
Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (156kB) |
|
Text
9. LIST OF TABLES.pdf Download (126kB) |
|
Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (126kB) |
|
Text
11. CHAPTER 1.pdf Download (169kB) |
|
Text
12. CHAPTER 2.pdf Download (205kB) |
|
Text
13. CHAPTER 3.pdf Download (229kB) |
|
Text
14. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
15. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
16. REFERENCES.pdf Download (187kB) |
|
Text
17. Enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
18. BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
Abstract
Pembelajaran abad 21 kini diartikan sebagai pembelajaran yang tidak hanya berfokus kepada pengetahuan teori tetapi juga keterampilan. Keterampilan ini yang biasa disebut dengan keterampilan abad 21, salah satunya adalah 21st century learning skills. Keterampilan ini terdiri dari empat keterampilan yaitu keterampilan komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, dan kreatif. Guru dituntut untuk meningkatkan keterampilan ini kepada murid saat pembelajaran agar murid bisa siap di masa depan. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui persepsi guru Bahasa Inggris terhadap pengimplementasian 21st century learning skills di dalam kelas pembelajaran campuran. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif dengan dua guru Bahasa Inggris sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan jenis semi terstruktur dan dianalisis menggunakan tematik analisis dari transkrip wawancara partisipan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua partisipan mempersepsikan konsep 21st century learning skillssebagai guru secara positif dengan menggunakan beberapa kegiatan mengajar untuk memperkenalkan 21st century learning skills kepada murid di dalam kelas pembelajaran campuran Bahasa Inggris. Mereka juga memiliki strategi pengajaran sesuai kondisi kelas dan muridnya seperti menggunakan game-based strategy atau project-based strategy. Selain itu, pemanfaatan media digital sebagai alat pembelajaran juga disarankan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran abad 21 yang terintegrasi dengan teknologi. Kata kunci: keterampilan pembelajaran abad 21, pembelajaran campuran, persepsi guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:38 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12261 |
Actions (login required)
View Item |