IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MENGEKSPLOR DISPOSISI MATEMATIS

MILAH, SAEPUL (2023) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MENGEKSPLOR DISPOSISI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. DEPAN.pdf

Download (686kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (576kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (675kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan dari kemampuan pemahaman matematis dan mendeskripsikan secara komprehensif disposisi matematis peserta didik setelah implementasi Problem Based Learning berbasis Islam. Metode penelitian ini merupakan penelitian “mixed methods” dengan menggunakan “sequential exploratory design” yaitu menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman matematis (pretest dan posttest) dan kuesioner (angket) disposisi matematis. Instrumen meliputi peneliti sebagai instrumen utama, soal tes kemampuan pemahaman matematis dan angket disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 rombel kelas VII MTs Baitul Hikmah dan dengan cara Purposive Sampling terpilih sampel Kelas VII E untuk implementasi Problem Based Learning berbasis Islam. Berdasarkan hasil implementasi model Problem Based Learning berbasis Islam disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman matematis setelah implementasi Problem Based Learning berbasis Islam. Disposisi matematis peserta didik madrasah setelah implementasi Problem Based Learning berbasis Islam berada pada kualifikasi baik. Kata Kunci: Problem Based Learning berbasis Islam, Kemampuan Pemahaman Matematis dan Disposisi Matematis Peserta Didik

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:56
Last Modified: 04 Mar 2024 07:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item