PORTRAYING EFL STUDENTS’ STRATEGIES IN LEARNING PRONUNCIATION

NUGROHO, RAYHAN ARYOBIMO (2023) PORTRAYING EFL STUDENTS’ STRATEGIES IN LEARNING PRONUNCIATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
02. APPROVAL SHEET.pdf

Download (338kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
06. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (161kB)
[img] Text
05. PREFACE.pdf

Download (156kB)
[img] Text
07. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (38kB)
[img] Text
08. LIST OF TABLES.pdf

Download (25kB)
[img] Text
09. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (25kB)
[img] Text
10. CHAPTER 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11. CHAPTER 2.pdf

Download (118kB)
[img] Text
12. CHAPTER 3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (169kB)
[img] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Pengucapan bahasa Inggris adalah komponen penting dalam belajar bahasa Inggris karena pengucapan bahasa Inggris secara langsung berdampak pada kemampuan dan performa komunikasi siswa. Oleh karena itu, memastikan bahwa siswa dapat mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar merupakan salah satu aspek penting dalam kemahiran berbahasa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh siswa EFL yang memiliki penguasaan pelafalan bahasa Inggris yang baik. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari empat mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi�terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Peneliti mengkategorikan temuan penelitian ke dalam empat tema. Tema-tema tersebut adalah; (1) Menggunakan strategi metakognitif sebagai kegiatan pra�pembelajaran; (2) Menerapkan strategi kognitif dan strategi Sosial dalam peran menguasai pengucapan Bahasa Inggris; (3) Menerapkan strategi memori dan strategi kompensasi untuk mempertahankan pengetahuan pengucapan Bahasa Inggris; (4) Memanfaatkan strategi afektif, strategi sosial, strategi kognitif, strategi sosial, dan strategi kompensasi untuk mengatasi tantangan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa para peserta menerapkan berbagai strategi pembelajaran dalam menguasai pelafalan, yaitu mencari materi, latihan fonetik, menirukan penutur bahasa Inggris asli, tutor sebaya, pembelajaran visual dan auditori, membuat tebakan yang masuk akal, memonitor diri sendiri, meminta bantuan secara selektif, menggunakan artikulasi proksimal, dan menggunakan teknik relaksasi. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti merekomendasikan para guru untuk menyadari gaya belajar siswa sehingga mereka dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran. Selanjutnya, siswa yang belum memiliki penguasaan pelafalan yang baik dapat menerapkan strategi pembelajaran pelafalan. Kata kunci: Siswa EFL, belajar pengucapan Bahasa Inggris, strategi belajar pengucapan Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:52
Last Modified: 04 Mar 2024 02:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item