NUGROHO, RAYHAN ARYOBIMO (2023) PORTRAYING EFL STUDENTS’ STRATEGIES IN LEARNING PRONUNCIATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (165kB) |
|
Text
02. APPROVAL SHEET.pdf Download (338kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text
06. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (161kB) |
|
Text
05. PREFACE.pdf Download (156kB) |
|
Text
07. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (38kB) |
|
Text
08. LIST OF TABLES.pdf Download (25kB) |
|
Text
09. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (25kB) |
|
Text
10. CHAPTER 1.pdf Download (104kB) |
|
Text
11. CHAPTER 2.pdf Download (118kB) |
|
Text
12. CHAPTER 3.pdf Download (133kB) |
|
Text
13. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
14. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
15. REFERENCES.pdf Download (169kB) |
|
Text
16. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Pengucapan bahasa Inggris adalah komponen penting dalam belajar bahasa Inggris karena pengucapan bahasa Inggris secara langsung berdampak pada kemampuan dan performa komunikasi siswa. Oleh karena itu, memastikan bahwa siswa dapat mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar merupakan salah satu aspek penting dalam kemahiran berbahasa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh siswa EFL yang memiliki penguasaan pelafalan bahasa Inggris yang baik. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari empat mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi�terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Peneliti mengkategorikan temuan penelitian ke dalam empat tema. Tema-tema tersebut adalah; (1) Menggunakan strategi metakognitif sebagai kegiatan pra�pembelajaran; (2) Menerapkan strategi kognitif dan strategi Sosial dalam peran menguasai pengucapan Bahasa Inggris; (3) Menerapkan strategi memori dan strategi kompensasi untuk mempertahankan pengetahuan pengucapan Bahasa Inggris; (4) Memanfaatkan strategi afektif, strategi sosial, strategi kognitif, strategi sosial, dan strategi kompensasi untuk mengatasi tantangan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa para peserta menerapkan berbagai strategi pembelajaran dalam menguasai pelafalan, yaitu mencari materi, latihan fonetik, menirukan penutur bahasa Inggris asli, tutor sebaya, pembelajaran visual dan auditori, membuat tebakan yang masuk akal, memonitor diri sendiri, meminta bantuan secara selektif, menggunakan artikulasi proksimal, dan menggunakan teknik relaksasi. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti merekomendasikan para guru untuk menyadari gaya belajar siswa sehingga mereka dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran. Selanjutnya, siswa yang belum memiliki penguasaan pelafalan yang baik dapat menerapkan strategi pembelajaran pelafalan. Kata kunci: Siswa EFL, belajar pengucapan Bahasa Inggris, strategi belajar pengucapan Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:52 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12216 |
Actions (login required)
View Item |