YULIANI, DENIS (2023) INVESTIGATING THE IMPLEMENTATION OF 'MERDEKA BELAJAR CURRICULUM': TEACHING STRATEGIES OF ENGLISH LEARNING IN SECONDARY SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (164kB) |
|
Text
2. Approval Sheet.pdf Download (955kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (190kB) |
|
Text
7. Acknowledgement.pdf Download (507kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (353kB) |
|
Text
5. Abstract.pdf Download (323kB) |
|
Text
6. Preface.pdf Download (313kB) |
|
Text
8. Table of Contents.pdf Download (482kB) |
|
Text
9. List of Tables.pdf Download (172kB) |
|
Text
10. List of Enclosures.pdf Download (108kB) |
|
Text
11. Chapter 1 Introduction.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. Chapter 2 Literature Review.pdf Download (5MB) |
|
Text
13. Chapter 3 Research Procedures.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. Chapter 4 Findings and Discussion.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
15. Chapter 5 Conclusionand Suggestions.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
16. References.pdf Download (1MB) |
|
Text
17. Enclosures.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
18. Biography.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar sebagai konsep pendidikan baru di Indonesia mempunyai beberapa perubahan kebijakan yang salah satunya pada pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk memahami strategi pengajaran yang efektif, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengajaran Bahasa Inggris yang digunakan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari dua orang guru bahasa Inggris di satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Analisis data menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Peneliti mengkategorikan temuan penelitian ke dalam empat tema utama: 1) persiapan mengajar pada kurikulum Merdeka Belajar, 2) mengimplementasikan pendekatan dan metode pengajaran students-centered, 3) menggunakan media pengajaran yang berbeda sesuai dengan gaya belajar siswa 4) melakukan assessment formative. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pengajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan berdasarkan prinsip pengajaran dan pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi yang berharga bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi pengajaran berdasarkan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka Belajar di sekolah menengah pertama. Kata kunci: Merdeka Belajar curriculum, teaching strategies, English learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 04:19 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11934 |
Actions (login required)
View Item |