INVESTIGATING THE IMPLEMENTATION OF 'MERDEKA BELAJAR CURRICULUM': TEACHING STRATEGIES OF ENGLISH LEARNING IN SECONDARY SCHOOL

YULIANI, DENIS (2023) INVESTIGATING THE IMPLEMENTATION OF 'MERDEKA BELAJAR CURRICULUM': TEACHING STRATEGIES OF ENGLISH LEARNING IN SECONDARY SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2. Approval Sheet.pdf

Download (955kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. Acknowledgement.pdf

Download (507kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text
5. Abstract.pdf

Download (323kB)
[img] Text
6. Preface.pdf

Download (313kB)
[img] Text
8. Table of Contents.pdf

Download (482kB)
[img] Text
9. List of Tables.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10. List of Enclosures.pdf

Download (108kB)
[img] Text
11. Chapter 1 Introduction.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. Chapter 2 Literature Review.pdf

Download (5MB)
[img] Text
13. Chapter 3 Research Procedures.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. Chapter 4 Findings and Discussion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
15. Chapter 5 Conclusionand Suggestions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
16. References.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
18. Biography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar sebagai konsep pendidikan baru di Indonesia mempunyai beberapa perubahan kebijakan yang salah satunya pada pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk memahami strategi pengajaran yang efektif, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengajaran Bahasa Inggris yang digunakan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari dua orang guru bahasa Inggris di satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Analisis data menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Peneliti mengkategorikan temuan penelitian ke dalam empat tema utama: 1) persiapan mengajar pada kurikulum Merdeka Belajar, 2) mengimplementasikan pendekatan dan metode pengajaran students-centered, 3) menggunakan media pengajaran yang berbeda sesuai dengan gaya belajar siswa 4) melakukan assessment formative. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pengajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan berdasarkan prinsip pengajaran dan pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi yang berharga bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi pengajaran berdasarkan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka Belajar di sekolah menengah pertama. Kata kunci: Merdeka Belajar curriculum, teaching strategies, English learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:19
Last Modified: 01 Feb 2024 04:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item