PROJECT-BASED LEARNING MODEL IN THE TRANSLATING AND INTERPRETING COURSE: EVIDENCE FROM INDONESIAN EFL CONTEXT

GRIZELA, WINDA (2023) PROJECT-BASED LEARNING MODEL IN THE TRANSLATING AND INTERPRETING COURSE: EVIDENCE FROM INDONESIAN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. PERSONAL PAGE.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (33kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (29kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (35kB)
[img] Text
10. CHAPTER I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11. CHAPTER II.pdf

Download (120kB)
[img] Text
12. CHAPTER III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
13. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
14. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (170kB)
[img] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Translating and Interpreting. Penelitian ini melibatkan tiga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas di Jawa Barat, Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Tematik (Braun & Clarke, 2006). Berdasarkan kerangka analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelebihan mengenai penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Translating and Interpreting. Diskusi dibagi menjadi lima tema berdasarkan data yang diambil dari partisipan, yaitu; (1) meningkatkan penguasaan kosa kata dan penerjemahan mahasiswa, (2) mendorong kemampuan berbicara mahasiswa, (3) memberikan pengalaman kehidupan nyata dengan menerapkan teori dalam praktik, (4) meningkatkan kerja sama dan kemampuan pemecahan masalah, dan (5) meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam mengevaluasi proyek. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memberikan wawasan empiris bagi guru tentang model pembelajaran berbasis proyek yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbahasa, keterampilan komunikasi, dan pengalaman kehidupan yang nyata bagi mahasiswa. Dapat dikatakan bahwa para siswa memiliki respons positif terhadap metode pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci: Mahasiswa EFL Indonesia, Mata Kuliah Translating and Interpreting, Metode Pembelajaran Berbasis Proyek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:04
Last Modified: 01 Feb 2024 03:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item