PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMA Negeri 9 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024)

PUSPITA, GINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMA Negeri 9 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover .pdf

Download (33kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (77kB)
[img] Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf

Download (92kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (11kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (80kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (37kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (36kB)
[img] Text
12 BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
13 BAB 2.pdf

Download (565kB)
[img] Text
14 BAB 3.pdf

Download (781kB)
[img] Text
15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
16 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 143 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan soal essay sebanyak 15 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil anilisis menunjukan bahwa nilai signifikasi < 0,05. Temuan pada penelitian yaitu penggunaan model Argument Driven Inquiry dapat memberikan pengaruh yang baik dalam memaksimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Argument Driven Inquiry, Jaringan Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:23
Last Modified: 31 Jan 2024 06:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item