PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM BENTUK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Meliana, Puput Nur (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM BENTUK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR GRAFIK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (290kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, cerita pendek merupakan salah satu materi pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IX. Meskipun demikian, berdasarkan informasi yang penulis peroleh, di SMPN 8 Tasikmalaya khususnya kelas IX B banyak peserta didik yang belum mampu menentukan struktur cerita pendek, menentukan aspek kebahasaan cerita pendek dan mengungkapkan ide atau gagasan untuk menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan pada peserta didik kelas IX SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus ke 1 (kompetensi pengetahuan) terdapat 7 peserta didik (24,14%) yang mampu mencapai KKM dan 22 peserta didik (75,86%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus ke-2 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus ke-1 (kompetensi keterampilan), terdapat 12 peserta didik (41,38%) yang mampu mencapai KKM dan 17 peserta didik (58,62%) yang belum mencapai KKM sedangkan pada siklus ke-2 seluruh peserta didik (100%) mampu mencapai KKM. Selain itu, berdasarkan Uji Wilcoxon, diperoleh hasil Whitung lebih kecil daripada nilai Wtabel (98,4) dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan, serta mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:30
Last Modified: 30 Jan 2024 03:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item