ALFIANA, DINA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & SURAT KETERANGAN.pdf Download (599kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (425kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (143kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (683kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (538kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi pecahan berdasarkan self-confidence tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dengan diagnostik three tier test, angket self-confidence dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes pemahaman konsep dengan diagnostik three tier test dan angket self-confidence. Subjek penelitian adalah 3 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanareja yang mengalami miskonsepsi pada materi pecahan dan diambil mengunakan teknik purposive. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu menggunakan metode membandingkan hasil pengerjaan soal tes pemahaman konsep diagnostik three tier test, angket self-confidence dan wawancara pada subjek yang terpilih. Hasil penelitian ini yaitu Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan self-confidence tinggi yaitu Miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan sejati. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep merepresentasikan nilai pecahan berdasarkan sebuah gambar. Miskonsepsi Teoritikal diantaranya miskonsepsi cara mencari nilai KPK. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan dengan self�confidence sedang yaitu miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan ekuivalen. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengaitkan konsep pecahan dengan konsep KPK. Miskonsepsi Teoritikal diantaranya miskonsepsi pada konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan self�confidence rendah yaitu miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan sejati. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep merepresentasikan nilai pecahan berdasarkan sebuah gambar. Peserta didik dengan self-confidence rendah tidak memahami konsep mengklasifikasikan pecahan ekuivalen, tidak memahami konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian pecahan, serta tidak memahami konsep mengaitkan konsep pecahan dengan konsep KPK. Kata kunci: Miskonsepsi, Self-Confidence, Pecahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 02:10 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11290 |
Actions (login required)
View Item |