NUGRAHA, UJANG SANDI (2023) ANALISIS PRAKTIK GIVEAWAY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Toko iPhone Tasik Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Judul.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (172kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (204kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (75kB) |
|
Text
5. Pedoman Transeliterasi.pdf Download (157kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (75kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (27kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (16kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (5kB) |
|
Text
10. Bab 1.pdf Download (403kB) |
|
Text
11. Bab 2.pdf Download (741kB) |
|
Text
12. Bab 3.pdf Download (117kB) |
|
Text
13. Bab 4.pdf Download (528kB) |
|
Text
14. bab 5.pdf Download (72kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
|
Text
16. Lampiran.pdf Download (525kB) |
|
Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui praktik giveaway dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini didasari oleh adanya praktik giveaway yang senantiasa digunakan sebagai salah satu strategi marketing suatu perusahaan. Penelitian ini akan difokuskan terhadap mekanisme dari pelaksanaan giveaway mulai dari alur pelaksanaan hingga persyarata dan ketentuan-ketentuan yang digunakan dalam pelaksanaan giveaway itu tersendiri. Sehingga nantinya peneliti akan menganalisis praktik giveaway ini dengan menggunakan kaidah-kaidah yang digunakan dalam praktik pemasaran syariah. Mulai dari kesesuaian akad yang digunakan dalam praktik giveaway hingga karakteristik strategi pemasyarana dalam giveaway itu tersendiri. Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan dengan triangulasi sumber, analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik giveaway merupakan suatu praktik pemasaran yang digunakan sebagai strategi untuk menarik minat konsumen dan memperluas pasar dari suatu perusahaan. Dalam praktiknya tersendiri, akad yang diguakan dalam praktik giveaway ini merupakan akad hadiah. Dalam penentuan pemenang giveaway tidak ada syariat yang dilangggar karena dalam praktiknya ini mengedepankan saling ikhlas dan ridho antara penyelenggara dengan peserta dan juga kedua pihak telah mengetahui apa yang menjadi ketentuan dari giveaway ini. selain itu jika dilihat dari karakteristik pemasaran syariah, praktik giveaway ini memiliki kesesuaian karakteristik yaitu theistis (rabaniyya), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi‟iyyah) dan humanistis (insaniyyah) dengan mengedepankan aspek kejujuran dan kepercayaan pelanggan, transparansi, berlaku adil dan selalu menepati janji dan tidak curang. Kata Kunci : Giveaway, Ekonomi Syariah, Akad, Karakteristik, Pemasaran Syariah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 04:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 04:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11218 |
Actions (login required)
View Item |