IMPLEMENTASI STANDAR PENGUMPULAN DAN PENGELOLAAN DATA MUTU LAYANAN KLINIS SEBAGAI STANDAR PENILAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS TAMANSARI TAHUN 2023

Andriyanto, Doni (2023) IMPLEMENTASI STANDAR PENGUMPULAN DAN PENGELOLAAN DATA MUTU LAYANAN KLINIS SEBAGAI STANDAR PENILAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS TAMANSARI TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
2 lempar persetujuan.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3 lembar pengesahan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7 pernyataan penullis.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9 abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
8 kata pengantar.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4 daftar isi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
5 daftar tabel.pdf

Download (4kB)
[img] Text
6 daftar gambar.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10 bab I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
11 bab II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
12 bab III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
13 bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
14 bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
15 bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
16 daftar pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
17 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dari dinas kesehatan Kabupaten/Kota yang betanggungjawab meningkatkan kesehatan di wilayahnya. Salah satu bentuk penjaminan mutu pelayanan di Puskesmas dilakukan dengan melakukan akreditasi. Puskesmas Tamansari merupakan Puskesmas yang sudah terakreditasi dengan status dasar. Salah satu standar yang belum terpenuhi di Puskesmas Tamansari adalah pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Penetilian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Puskesmas Tamansari mengimplementasikan standar pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian secara kualitatif dengan studi kasus. Responden dari penelitian ini terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Penanggung Jawab UKP, dan Kepala Tata Usaha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puskesmas Tamansari sudah mengimplementasikan pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya kebijakan mengenai indikator mutu layanan klinis, dilakukannya pengukuran indikator mutu layanan klinis, dan dilakukannya evaluasi data hasil pengukuran indikator mutu layanan klinis. Dalam pengimplementasiannya juga dilaksanakan dengan baik dimana dilakukan komunikasi, terdapat sumber daya yang ditetapkan, struktur birokrasi yang jelas, dan dukungan yang kuat dari Kepala Puskesmas Tamansari. Saran untuk Puskesmas Tamansari yaitu merapihkan setiap dokumen kebijakan yang telah disepakati, dokumen hasil pengukuran dan hasil evaluasi serta tindak lanjut yang akan dilaksanakan. Selain itu, Puskesmas Tamansari harus mengumpulkan dokumentasi bukti kegiatan penetepan indikator mutu layanan klinis, pengukuran indikator mutu layanan klinis, evaluasi mutu layananan klinis, dan bukti tindak lanjut yang telah dilaksanakan untuk mempersiapkan survei akreditasi selanjutnya. Kata Kunci: Akreditasi Puskesmas, Mutu Layanan Klinis, Implementasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:34
Last Modified: 04 Dec 2023 07:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item