PENGARUH KONSEP TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi pada SMA Negeri 8 Tasikmalaya)

QURANISARI, SITI HATIFAH (2023) PENGARUH KONSEP TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi pada SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (229kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (70kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (272kB)
[img] Text
06. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (361kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (363kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (394kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (366kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (324kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (348kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (906kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (486kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Ekonomi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 207 responden. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, serta teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Adapun hasil dari penelitian ini pada uji hipotesis menunjukkan kesimpulan yaitu: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 2) Lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 3) Lingkungan Masyarakat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 4) Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat berpengaruh secara bersama – sama terhadap prestasi belajar. Hasil pada koefisien determinasi yaitu 0,211 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat sebesar 21,1%. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tri Pusat Pendidikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:51
Last Modified: 30 Oct 2023 06:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item